You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin KPKP Kepulauan Seribu Galakkan Budidaya Rumput Laut
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Sudin KPKP Kepulauan Seribu Galakkan Budi Daya Rumput Laut

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu tengah menggalakkan budi daya rumput laut di Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Budi daya rumput laut sempat vakum beberapa tahun lalu

Kepala Seksi Kelautan dan Perikanan Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Elis Rora mengatakan, potensi rumput laut di wilayah ini sangat besar untuk peningkatan ekonomi yang lebih stabil bagi masyarakat setempat.

"Budi daya rumput laut sempat vakum beberapa tahun lalu, kini kami geliatkan kembali. Kami kerja sama dengan Talenta Mutiara Nusantara Foundation," katanya, Minggu (19/2).

Budidaya Rumput Laut di Pulau Lancang Kembali Diaktifkan

Elis menjelaskan, pemilihan Pulau Pari sebagai demonstrasi plot budi daya karena secara teknis memenuhi persyaratan yang dibutuhkan bagi perkembangan rumput laut. Sejauh ini penanaman bibit rumput laut telah dilakukan di tiga titik di Pulau Pari dengan jenis bibit euchema cotonii hingga sebanyak 150 kilogram.

"Kami akan terus mengawasi dan membantu perawatan budi daya ini bersama-sama. Ke depan, budi daya ini akan dikembangkan di pulau lain yang memiliki potensi budi daya rumput laut," tuturnya.

Seaweed Expert dari Talenta Mutiara Nusantara Foundation, Hisworo Ramdani menuturkan, tujuan demonstrasi plot budi daya ini untuk menyediakan bibit rumput laut yang berkualitas dan berkelanjutan bagi pembudidaya rumput laut di Pulau Pari dan pulau lainnya. Selain itu untuk mendapatkan data musim tanam produktif sekaligus pola tanam yang tepat dari kebun rumput laut.

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap tercipta suatu kegiatan warga, khususnya wanita nelayan menjadi pembudidaya rumput laut sebagai salah satu sumber penghasilan keluarga,” terangnya.

Pembudidaya rumput laut Pulau Pari, Sartono, menyatakan menaruh harapan besar setelah budi daya rumput laut di Kepulauan Seribu digalakkan kembali.

“Kami mendukung penuh kegiatan ini. Semoga bisa berjalan lancar dan sukses,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Adakan Bazar UMKM di Halte CSW

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1021 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pemprov DKI Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1011 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. 560 Satpol PP Jaktim Siap Bantu Amankan Pilkada DKI

    access_time27-09-2024 remove_red_eye898 personNurito
  5. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Hingga Mendung

    access_time22-09-2024 remove_red_eye844 personTiyo Surya Sakti